Kamis, 28 Februari 2013

rangkuman materi tik smp

RANGKUMAN MATERI TIK KELAS 7 (UNTUK SISWA KELAS 9)
JENIS PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Peralatan teknologi komunikasi zaman dulu :
1.      Papyrus : kertas yang terbuat dari daun tumbuhan papyrys yang digunakan untuk menulis
2.      Bereguh : alat komunikasi yang terbuat dari tanduk kerbau yang digunakan dengan cara ditiup
3.     Kulkul : alat komunikasi yang berbentuk seperti kentongan yang terbuat dari kayu yang berongga yang digunakan dengan cara dipukul
4.      Dan beberapa alat tradisional yang lain
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi pada zama modern semual dipisah menjadi dua: teknologi informasi dan teknologi kemunikasi
Teknologi informasi contoh
1.      computer : mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi
Teknologi komunikasi contoh
Surat kabar : alat komunikasi satu arah, yang hanya dapat dibaca
Radio: alat komunikasi satu arah, yang hanya dapat didengar
Telepon : alat komunikasi dua arah, dapat bergantian komunikasi
Televisi : alat komunikasi satu arah, yang hanya dapat di dengar dan dilihat

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Sejarah perkembangan teknologi komunikasi dibagi menjadi
1.      Periode sebelum masehi
a.       Periode sampai 3000 SM
Komunikasi dengan menggunakan gambar didinding gua yang menceritakan tentang cara berburu, bahasa digunakan dengn dengusan, isyarat, dan gerakan tangan
b.      Periode 3000 SM
3000 SM bangsa sumeria mengguakan tulisan sebagai alat komunikasi berupa symbol-simbol (huruf piktograf)
2900 SM bangsa mesir kuno mengukan huruf hieroglif sebagai alat komunikasi
500 SM bagsa mesir kuno mengukana serat papyrus sebagai kertas untu menulis sebuah tulisan
105 SM bangsa cina menggukan kertas dari serat bambu
2.      Periode setelah masehi
a.       Penemuan telegraf oleh Samuel Finley Breese Morse 1837
b.      Telepon ditemukan Antonio Meucci 1874, dikembangkan Alexander Graham Bell 1876
c.       Radio, Guglielmo Marconi 1901 dengan mengirimkan sinyal-sinyal kode telegraf melewati lautan Atlantik dengan gelombang eletronagmetik
d.      Televisi ditemukan Paul Nipkow 18883
e.       Dan beberapa penemuan lain
Sejarah pengembangan computer:
5000 tahun yang lalu di Asia ada alat “abacus “ digunakan sebagai alat hitung
1642 Blaise Pascal menanukan kalkulator “Pascaline”, melakukan operasi penjumlahan
1694 Gottfred Wilhem von Leibniz menemukan alat hitung penjumlahan dan perkalian
1820 kalkulator mekanik  “Arithometer” oleh Charles Xavier Thomas de Colmar, alat ini mampu melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
Cikal bakal computer : penemuan mesin hitung “difference engine” oleh Charles Babbage 1822
Dan ada beberapa penemuan berikutnya
Pengembangan computer berdasar generasi:
1.      Generasi pertama (1946-1959)
Ciri :
Menggunakan tabung hampa pd sirkuitnya
Program hanya dibuat dengan bahasa mesin
Ukuran fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas
Capat panas, perlu mesin pendingin
Proses lambat
Kapasitas sedikit
Butuh data listrik besar
Aplikasi terbatas
Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM Selective Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC
2.      Generasi kedua (1959-1964)
Ciri:
Menggunakan trasnsistor pada sirkuitnya
Ukuran fisik lebih kecil
Menggukana program bahasa tingkat tinggi :  FORTRON, COBOL, ALGOL
Kapasitsa memori cukup besar
Menggukana simpanan luar magnetic disk
Mempunyai kemampuan realtime dan time sharing
Proses operasi lebih cepat
Membutuhkan daya lebih kecil
Aplikasi lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
3.      Generasi ketiga (1964-1970)
Ciri :
Menggunakan IC ( Integrated Circuit)
Peningkatan software
Proses pengolahan data lebih cepat dan akurat
Mempunyai kapasitas memory lebih besar
Mengguakan penyimpan luar
Daya listrik lebih hemat
Menggunakan multi processing
Menggunakan visual display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
Harga murah
Dapat berkomunikasi antar komputer
Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC 6000
4.      Generasi keempat (1979-sekarang)
Ciri :
Berukuran lebih kecil
Harga relative murah
Mecul PC (personal computer)
Terdapat aplikasi yang semakin lengkap
Menggunakan VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)
Menggunakan chip yang bernama microprocessor
Contoh : mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Radio Shack, Commodore, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36
5.      Generasi kelima
Dalam pengembangan oleh Negara Jepang
Mengunakan VLSI (Very Large Scale Interation)
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Contoh penerapan dibidang :
Perusahaan : ERP (Enterprise Resource Planning)
Bisnis : E-Commerce
Perbankan : E-Banking
Pendidikan : E-Learning
Kesehatan : Smart Card
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Cybercrime : kejahantan atau tindakana yang melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :
Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
Cracking : usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau data yang disimpan dalam computer pada suatu jaringan
MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur yang benar menghidupkan computer
1.      Menyalakan stabilizer
2.      Menyalakan power pada Chassing / CPU
3.      Menyalakan power pada monitor
4.      Menunggu computer loading system operasi (missal Windows)
5.      Tunggu beberapa saat sampai keluar tampilan desktop di monitor
Prosedur yang benar mematikan computer
1.      Klik tombol start
2.      Pilih shut down atau turn off
3.      Klik OK
4.      Tunggu beberapa saat sampai computer mati
5.      Matikan tombol off pada monitor dan stabilizer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat keras dibangi menjadi
1.      Perangkat masukan (input device)
a.       Keyboard
b.      Mouse
c.       Joystick
d.      Scanner
e.       Digital camera
f.       Microphone
g.      Webcam
2.      Perangkat proses (process device)
a.       Motherboard / Mainboard
b.      CPU / Microprocessor : ALU: aritmetic logical unit, CU:control unit, MU:memory unit
3.      Perangkat simpan (storage device)
a.       Primary storage : ROM, RAM
b.      Secondary storage : harddisk, disket, UFD, CD/DVD
4.      Perangkat keluaran (output device)
a.       Monitor
b.      Printer
5.      Perangkat tambahan (peripheral) : TV turner, card reader, modem
PERANGKAT LUNAK
Penggolongan perangkat lunak
1.      Sistem Operasi
a.       Basis teks (CLI: Command Line Interface) : MS-DOS, UNIX
b.      Basis grafis (GUI:Graphic Unit Interface) : Microsoft Windows, macintosh, Linux
2.      Program Utility
a.       File Viewer : ACDSee, Adobe Reader
b.      Sytem Utulity : program Scandisk, hardware monitor, file compression, security program (antivirus, anti spyware, firewall, password generator)
3.      Bahasa Pemprograman : FORTRAN, COBOL. PASCAL, BASIC, C++, dsb…
4.      Program Aplikasi
a.       Program pengolah kata    c. Program presentasi
d.      Program multimedia        b.Program pengolah angka
RANGKUMAN MATERI TIK KELAS 8 (UNTUK SISWA KELAS 9)
PROGRAM PENGOLAH KATA
Bagian penting Microsoft Word 2003
1. Menu control
2. Title bar
3. Menu bar
4. Toolbar
5. Scroll bar
6. Ruler
7. Kursor
8. Taskpane
Menu bar Word 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view, insert, format, tools, table, window, help
Menu bar Word 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page layout, reference, mailings, review, view
3 Toolbar utama di Word 2003: toolbar standart, formatting, drawing
Ikon : lambing atau gambar yang mewakili seautu intruksi / perintah
Mengelola dokumen :
1. Membuka dokumen baru : file –new
2. Menyimpan dokumen : file – save as
3. Membuka dokumen : file – open
4. Menutup dokumen : file – close
Mengedit dokumen
1. Tipe dan ukuran huruf : font , font size
2. Attribute teks : bold, italic, underline
3. Perataan teks : align left, center, align right, justify
4. Menghapus teks : delete
5. Membatalkan perintah : undo, redo
6. Mengulang perintah : repeat
7. Menyalin teks : copy, paste
8. Menindah teks : cut, paste
Pengaturan halaman : file – page setup
Pengaturan jarak spasi : format – paragraph
Menu Microsoft Word:
1. Bullet and numbering
2. Border and shading
3. Clip art
4. Wordart
5. Columns
6. Symbol
7. Dropcap
8. Header and footer
9. Page number
10. Table
11. Chart
Pengaturan indentasi : fist line indent, hanging paragraph, left tab, center tab, right tab, decimal tab
Mencetak dokumen
1. Print preview       2. Cetak dokumen
PROGRAM PENGOLAH ANGKA
Tampilan Microsoft Excel
1. Workbook (buku kerja) : file atau dolumen yang terdiri atas lembaran-lembaran (sheet)
2. Worksheet (lembar kerja) : sekumpulan range
3. Column : deretan kolom dinotasikan A sd IV (256 kolom)
4. Rows : deretan baris dinotasikan 1 sd 65.536 (65.536 baris)
5. Cell : pertemuan baris dan kolom
6. Range : sekumpulan sel
7. Active cell : bagian yang ditunjukan oleh sel pointer
Menu bar Word 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view, insert, format, tools, data, window, help
Menu bar Word 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page layout, formulas, data, review, view
Bagian penting Microsoft Excel 2003
1. Baris judul
2. Baris menu
3. Tombol ukuran
4. Toolbar
5. Alamat sel
6. Baris formula
7. Judul kolom
8. Judul baris
9. Sel
10. Tabulasi sheet
11. Penggulung vertical dan horizontal
12. Task pane
Rumus yang digunakan dalam Excel
SUM : menjumlah data pada suatu range
AVERAGE : menghitung rata-rata pada suatu range
MAX : mencari nilai tertinggi pada suatu range
MIN : mencari nilai terendah pada suatu range
COUNT : menghitung banyaknya data pada suatu range

RANGKUMAN MATERI TIK KELAS 9 (UNTUK SISWA KELAS 9)
INTERNET & INTRANET
Internet berasal dari bahasa latin “inter” arti antara, dan “net” arti jaring, jadi secara bahasa internet adalah jaringan antara atau penghubung
Secara istilah internet : jaaringan computer yang luas dan besar yang mendunia dan menghubungkan pengguna computer dari suatu negara dengan negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat sumber daya informasi
Sejarah lahirnya internet
1. Tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika “US Defence Advance Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset tentang bagaimana cara emnghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organic, program riset ini dinamai ARPANET
2. Empat tempat yang pertama kali terhubung jaringan ARPANET :
a. University of Utah
b. University California of Los Angles (UCLA)
c. University California of Santa Barbara (UCSB)
d. Stanford University
Intranet : sebuah jaringan computer local yang berbasis TCP/IP yang biasa digunakan pada perusahaan atau kantor
Fasilitas / layanan yang tersedia di internet :
1. www (World Wide Web)
2. E-mail (Electronic Mail)
3. IRC (Internet Relay Chat)
4. Telnet
5. Mailling List
6. Newsgroup
7. Gopher
8. FTP (File Transfer Protocol)
9. HTTP (Hyper Text Trasfer Protocol)
Situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet
Unsur Website
1. Domain Name
2. Hosting
3. Scripts
4. Design Web
5. Publication
Domain Name : alamat permanen situs di internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs
Istilah lain Domain Name : URL (Uniform Resource Locator)
Macam Domain Name
1. Generic Domains : domain name yang berakhiran com, net, org, edu, mil, atau gov (top level domain) yang tidak berafiliasi berdasarkan negara
Contoh :
.com : perusahaan komersial
.edu : badan pendidikan (universitas, institute)
.gov : lembaga pemerintah non militer
.mil : militer
.net : jaringan
.org : organisasi
.int : organisasi internasional
.ac : badan pendidikan (universitas)
2. Country Spesific Domains : domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi (second level domain)
.id (Indonesia), .au (Australia) .jp (Jepang), .in (India), .uk (Inggris), .it (Italia), dsb…
Jika digabung :
.co.id : badan usaha di Indonesia
.ac.id : lembaga pendidikan di Indonesia
.go.id : lembaga pemerintahan Republik Indonesia
.or.id : lembaga / organisasi di Indonesia
.sch.id : lembaga pendidikan (SD, SMP, SMA) di Indonesia
JARINGAN INTERNET & AKSES INTERNET
Jaringan computer : himpunan sejumlah computer otonom yang saling terhubung satu sama lain
Manfaat jaringan computer :
1. Manajemen sumber daya lebih efisien
2. Mempertahankan informasi tetap andal dan up to date
3. Mempercepat proses berbagi data
4. Komunikasi lebih efisien
5. Pelayanan klien lebih efektif
Jenis jaringan computer
1. LAN / Local Area Network : jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer
2. MAN / Metropolitan Area Network : versi LAN yang berukuran lebih besar dan menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau berada di sbuah kota
3. WAN / Wide Area Network : jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, mencakup sebuah negara bahkan benua
4. Internet : kumpulan jaringan yang saling terkoneksi satu sama lain, yang menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda
Backbone : jaringan koneksi antar computer yang menjangkau dunia yang menyediakan layanan penuh untuk Internet Service Provider (ISP)
Bandwidth : jumlah data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam jangka waktu tertentu, yang menggunakan satuan Mbps (Mega byte per second)
Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet :
1. Kecepatan computer pelanggan
2. Kepadatan lalu lintas internet sepanjang rute yang dilalui
3. Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet
4. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan
5. Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan meminta/mengakses
PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER
Perangkat keras jaringan computer
1. Server
2. Clinet
3. Network Interface Card (NIC) / kartu jaringan / LAN Card
4. Switch Hub / konsentrator
5. Network Cable /kabel jaringan
6. Connector
7. PCMCIA Network Interface Card
8. Modem
9. Repeater
10. Bridge
11. Router
12. Crimping Tools
Server : computer yang bertugas sebagai eplayan bagi computer atau perengkat yang terhubung pada sebuah jaringan, bertugas untuk membagi koneksi ke semua perangkat yang terhubung dalam jaringan
Clinet : computer yang menerima pelayanan dari server, yang dapat melakukan pengolahan data yang diambil dari server
Network Interface Card (NIC) : perangkat yang berfungsi menghubungkan PC dengan jaringan, yang dipasang pada motherboard server maupun client
Switch Hub : perangkat yang berfungsi menghubungkan computer dengan jaringan, yang berfungsi mengubah sinyal data dan menguatkan sinyal dari LAN Card
Network Cable : media transmisi yang mengubungkan computer dengan jaringan, yang memancarkan gelombang elektromagnetik
Connector : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan kabel jaringan dengan komputer
PCMCIA Network Interface Card : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan computer dengan jaringan tanpa menggunakan kabel (wireless)
Modem / modulator de modulator : peralatan yang mengubah data dalam bentuk digital ke analog, dan sebaliknya
Repeater : perangkat yang berfungsi memperkuat sinyal pada jaringan
Bridge : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan lain
Router : perangkat yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain
Crimping Tools : peralatan yang berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi kabel jaringan
Jenis Network Cable
1. Coaxial
2. Unshielded Twisted Pair (UTP)
3. Shielded Twisted Pair (STP)
4. Serat Optik (Fiber Optic)
Jenis Connector
1. RJ 11, RJ 45 (UTP & STP)
2. BNC, MMCX, SMA, F, N, X, (Coaxial)
3. ST, SC, FC, LC ,SMA, MU, MTRJ, DIN (Fiber Optic)
AKSES INTERNET
Jenis koneksi internet
1. Dial up
2. ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line)
3. Broadband
4. Mobile access (handphone)
5. Wi-Fi / hotspot
6. VSAT (Very Small Aperture Terminal)
Pertimbangan memilih ISP
1. Biaya langganan
2. Biaya pemasangan
3. Jarak ISP
4. Ruang atau space untuk membuat web
5. Perlindungan terhadap virus atau spam
6. Lamanya kontrak
7. Bantuan teknis
AKSES INTERNET
Web browser : perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan menjelajah
E-MAIL
E-mail (electronic mail) : surat yang berbentuk elektronik yang memungkinkan pengguna internet untuk berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet
Jenis e-mail
1. POP Mail : e-mail yang hanya bisa diterima melalui ISP
2. E-mail forwarding : layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain
3. Web based E-mail : e-mail yang ditawarkan garis oleh website penyedia jasa layanan e-mail
Cara menulis dan mengirim e-mail
1. Login ke e-mail account
2. Klik tombol New (YahooMail)
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Setelah selasai klik tombol Send
Membuka e-mail
1. Tampilkan halaman login YahooMail
2. Masukkan user ID dan password, klik Sign In
3. Tunggu beberapa saat sampai muncul homepage yahoo.com
4. Klik Inbox atau Check Mail
5. Klik subject e-mail untuk membaca
6. Klik Inbox untuk kembali ke daftar e-mail yang masuk
Membalas e-mail
1. Cara sama dengan membuka e-mail
2. Setelah membaca, klik tombol Replay
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Setelah selasai klik tombol Send
Mengirim file / melampirkan file melalui e-mail
1. Login ke e-mail account
2. Klik tombol New (YahooMail)
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Klik tombol Attach untuk menambahkan file, pilih file dengan browse letak file disimpan, klik Open
6. Tunggu beberapa saat sampai file berhasil di lampirkan
7. Setelah selasai klik tombol Send
Istilah” penting!
Komputer: alat elektronik yang dapat menerima input data, dapat mengolah data, dapat memberikan informasi, dapat menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program), dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta dapat bekerja secara otomatis.
Hardware: alah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Software: sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu perintah.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar